Virus Shorcut MPC di Semua Aplikasi Laptop

Berawal dari percakapan di chat faceb**k dan sms tentang keluh kesah dari temen gue, Irfi Ulimaz Risyani, yang laptopnya terjangkit virus gara-gara abis nyolok flashdisk di warnet Spider pas bulan puasa. Akhirnya gw ngajak si nyeti (panggilannya si Irfi) buat ngenet di Puskom abis Workshop XRD. Sekalian promosi :D, tadi di jurusan Fisika FMIPA UNS ada Pelatihan Workshop XRD bagi pemula yang dilaksanakan selama 2 hari. Back to the topic. Sekitar jam 4-an, kita meluncur ke TKP buat ngenet, maklum lah kita para pencari wifi gratis ;). Tepat pukul 17.38 WIB laptop kembali normal!!!!

Nah problem laptopnya si nyeti tuh, semua aplikasi di laptopnya keubah jadi MPC (Media Player Classic). Misal kalau buka g**gle chrome malah kebuka MPC, buka winzip juga kebuka MPC. Trus notes-notes di desktop windows 7 nya juga ilang, nah loooo :O 

Alhasil setelah bertapa di Puskom dan ketemu eyang g**gle ketemu deh di website http://findpatch.info
dengan sedikit perubahan soalnya ga sama, sama yang empunya blog, kalau di website tadi itu winamp yang jadi masalah kalau disini MPC yang jadi masalah. Back to the topic again!

nah buat ngilangin tuh shorcutnya, ternyata cuma di masalah registry nya aja sih, jadi ga ada virus yang istilahya bakal berkembang biak dan selamanya beranak pinak di laptopnya. Okelah langsung Step by Step nya aja!
  1. Gue download file yang dari empunya blog, filenya untuk memperbaiki regedit, download! Masalahnya itu file dalam bentuk zip, so di ekstrak dulu pakai winzip atau winrar (biasanya winzip atau winrarnya juga berubah jadi MPC, iya gag? soalnya dikasus laptop nyeti begitu), kalau ga bisa di ekstrak, minta bantuan laptop lain buat ngeekstrak filenya.
  2. double-click file fix_exe_application.reg tadi. Ok!
  3. Buka regedit (Start -> run -> ketik "regedit"). 
  4. Buka folder HKEY_CURRENT_USER\ Software\ Microsoft\ Windows\ CurrentVersion\ Explorer\ FileExts\ .exe\ OpenWithList
  5. Delete "a", "b", "c" (mungkin ada file lain) yang kalau lihat di deskripsi Data dibuka pakai MPC atau Windows Media Player. 
  6. Restart laptop kamu. Done!
  7. Tada----- berubah semua shorcut MPC nya :D :D
nb: kalau emang masih ada yang bershorcut MPC, coba liat file extension nya itu apa. Trus ulangi dari cara ke 4 , dengan catatan .exe diubah jadi extension yang terkena virus ini.

Selamat Mencoba!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages